Review saving cost using clodi

Dear all, sedikit sharing manfaat clodi terutama saving cost pemakaian clodi maklum ibu2 se sen pun diitung, btw ini bukan hanya se sen tapi bisa jutaan bahkan mungkin puluhan juta :)) wow….lumayan kan bisa dipakai yang lain.

Sejak lahir sampai sekarang 9M9D, Alif tidak pernah pakai diaper dispo, kebetulan sewaktu dikandungan aku sudah mulai beli clodi n sebelum Alif lahir sudah punya 12 clodi dan kini punya hampir 20an clodi,

Baru lahir pakai popok tali + alas ompol lumayan banyak 3 lusin (popok tali 50K/lsn, alas ompol 48K/lsn) krn sangat sering pee n pup makanya aku pakai popok ini mau pakein clodi tidak tega karena lebih gede clodi drpd babynya. Setelah agak gedean kira2 umur 1 bulan n sudah keliatan montok baru aku pakein clodi meskipun terlihat kegedean daripada pk popok kain kasian dingin n tidurnya jadi gak nyenyak krn waktu bayi tinggal di rumah neneknya di Malang.

Dan….lumayan banget penghematannya jika dihitung semua clodi + linner yang aku beli (20pcs) kira2 habis 2 juta dan sampai sekarang tidak pernah beli lagi. Pernah waktu pulang ke Malang krn hujan n mendung terus clodinya Alif gak ada yang kering alhasil aku pakein dispo diapers jam 7 malam trus jam 11 malam saat mau aku gantiin krn Alif lumayan heavy pipisnya ternyata diapersnya kering ring…ternyata Alif gak mau pipis😦 kasian *pantes saja boboknya gak nyenyak*, akhirnya tepi diapers aku potong dan aku masukin ke clodinya jam 2 pagi Alif banting” kaki pertanda diapersnya sudah basah, saat aku buka n mau aku gantiin wow,,,wowww….. berat banget😛 *good son*.

Untuk pemakaian clodi biasanya sehari semalam + pup nya Alif bisa ganti 8 kali bahkan lebih, sementara sampai saat ini punya 20 pcs, kalo 8 dicuci 8 untuk hari ini dan 4 untuk spare kalo cucian gak kering palagi musim hujan kayak sekarang.

Jika memakai dispo diaper dengan umur Alif sekarang 9M9D pemakaian min 8x sehari dengan harga diapers min Rp. 2000 maka ;

sehari :  8  x Rp. 2000,- = Rp. 16.000,-

sebulan :  30 hari x Rp. 16.000 = Rp. 480.000,-

9 bulan :  9 x Rp. 480.000,- = Rp. 4.320.000,-

1 tahun : 12 x Rp. 480.000 = Rp. 5.760.000,-

2 tahun : 2 x Rp. 5.760.000,- = Rp. 11.520.000,-

selisih + Rp. 9. 520.000,- wow..woww…. :)))

dan bisa dipakai lagi nanti untuk adik” nya bisa saving berapa lagi nih :)) ……., belum lagi isu popok sekali pakai dibuat dari kapas daur ulang  dan sampah dispo diapers susah terurai wah..wah..amit amit…

1 Response so far »

  1. 1

    Andara said,

    Halo mama Alif🙂 Kenalkan, aku Andara, juga mama Alif. hehehe. Aku mau tanya tentang pemakaian clodi (maklum, pemula nih hehe). Alif-ku sekarang 3 bulan, aku baru mau mulai belajar pake clodi. Selama ini di rumah pakai celana saja (jadi semua orang udah biasa dipipisin hahaha) dan kalau keluar rumah pakai dispo pampers.

    Memakai clodi itu kalau sudah basah, yang diganti linernya saja atau bungkus clodi nya juga ya? Jadi kalau untuk pertama sebaiknya beli berapa ya? Apa 1 clodi dulu cukup dengan beli liner kira2 5 buah utk ganti-ganti? Mohon bimbingannyaa huhuhu. Terimakasih.🙂


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

