Daftar Makanan Berkolesterol

Bukan tanpa sebab jika tiba – tiba saya memposting tentang kolesterol, ini adalah efek dari beberapa jam tadi saya menerima hasil cek up rutin (tahunan) yang telah saya jalani hari Kamis 18 April kemarin, ya..ya..jangan dikira kolesterol adalah penyakit berumur maksudnya penyakit untuk orang – orang yang sudah berumur karena ternyata saya saja yang baru 29 tahun telah terindikasi kolesterol dengan rincian LDL = 205 dimana normalnya kurang dari 200😦 . Amazing …. saya yang selama ini sangat konsen dengan masalah makanan eh..eh… sekarang saya yang kena.

Siap – siap atur lagi pola hidup sehat. Memang benar dari beberapa artikel yang saya baca bahwa kondisi tubuh kita kitalah yang sangat memahaminya, tergantung masing – masing orang dia care tidak dengan kondisi tubuhnya. Saya merasakan perubahan dalam tubuh saya setelah melahirkan karena full ASI dan takut ASI tidak mencukupi alhasil saya tidak lagi mengatur pola makan sehat lagi.

Alhamdulillah juga kini Alif sudah 1 tahun jadi sudah bisa kalo saya mengatur pola makan sehat.  Atau mungkin ini teguran dimana saya sudah mulai harus membayar hutang puasawajib saya yang dulu saat hamil dan menyusui punya hutang 40 hari. Karena pernah saya membaca hadist entah dimana lupa :p , bagi orang yang masih sehat dan mampu jika meninggalkan puasa diwajibkan untuk membayar fidyah dan membayar hutang puasa…

kolesterol

Berikut adalah daftar makanan dengan kadar kolesterol tinggi. Penyebab penyakit kolesterol berupa penyumbatan pembuluh darah. Simak pula tips mengendalikannya.

Dalam tubuh terdapat lemak terdiri dari kolesterol jahat yang biasa disebut LDL (Low Density Lipoprotein) dimana lemak ini dapat menempel pada pembuluh darah. Sedangkan kolesterol baik yang dikenal dengan HDL (High Density Lipoprotein) merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan LDL dalam tubuh. Kolesterol normal dalam tubuh adalah 160-200 mg, maka penumpukan kandungan LDL harus dicegah agar tetap dalam keadaan normal. Berikut daftar makanan kolesterol tinggi penyebab dan pemicu penyakit kolesterol serta beberapa tips agar Anda dapat mengendalikan kolesterol dalam darah.

Tabel Daftar Makanan Kolesterol Tinggi.
No. Bahan Makanan

Kandungan

Kategori

1. Putih telur ayam

0

Sehat

2. Teripang (haisom)

0

Sehat

3. Ubur-ubur

0

Sehat

4. Susu sapi tanpa lemak (nonfat)

0

Sehat

5. Daging ayam pilihan tanpa kulit

50

Sehat

6. Daging bebek pilihan tanpa kuli

50

Sehat

7. Ikan sungai biasa

55

Sehat

8. Daging sapi pilihan tanpa lemak

60

Sehat

9. Daging babi pilihan tanpa lemak

60

HARAM

10. Daging kelinci

65

Sehat

11. Daging kambing tanpa lemak

70

Sehat

12. Ikan ekor kuning

85

Sehat

13. Daging asap

98

Sekali-sekali

14. Iga sapi

100

Sekali-sekali

15. Iga babi

105

HARAM

16. Daging sapi

105

Sekali-sekali

17. Burung dara

110

Sekali-sekali

18. Ikan bawal

120

Sekali-sekali

19. Daging sapi berlemak

125

Sekali-sekali

20. Lemak sapi

130

Sekali-sekali

21. Lemak kambing

130

Sekali-sekali

22. Daging babi berlemak

130

HARAM & Hati-hati

23. Keju

140

Hati-hati

24. Sosis daging

150

Hati-hati

25. Kepiting

150

Hati-hati

26. Udang

160

Hati-hati

27. Kerang/siput

160

Hati-hati

28. Belut

185

Hati-hati

29. Santan Kelapa

185

Hati-hati

30. Lemak babi

200

HARAM & Berbahaya

31. Susu sapi

250

Berbahaya

32. Susu sapi krim

280

Berbahaya

33. Coklat (cacao)

290

Berbahaya

34. Mentega/margarine

300

Berbahaya

35. Jeroan sapi

380

Berbahaya

36. Jeroan babi

420

HARAM & Berbahaya

37. Kerang putih/remis/tiram

450

Berbahaya

38. Telur ayam

500

Berbahaya

39. Jeroan kambing

610

Berbahaya

40. Cumi-cumi

1.170

Berbahaya

41. Kuning telur ayam

2.000

Berbahaya

42. Otak sapi

2.300

Berbahaya

43. Otak babi

3.100

HARAM & Berbahaya

44. Telur burung puyuh

3.640

Berbahaya

Catatan: Untuk kategori berbahaya dan pantang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita masalah hipertensi atau masalah jantung, karena dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan bahkan kematian.

Tips Mengendalikan Kolesterol dalam Darah

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol kolesterol Anda:

  • Diet

Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Misalnya dengan mengkonsumsi susu tanpa lemak dan mengurangi konsumsi daging. Hindari makanan kolesterol tinggi, diantaranya yang ada dalam daftar makanan kolesterol tinggi di atas. Pilihlah makanan dengan kandungan lemak tak jenuh daripada kandungan lemak jenuh. Minyak yang digunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang dapat meningkatkan kadar kolesterol, maka ada baiknya Anda mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.

  • Konsumsi makanan berserat

Lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan ini dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.

  • Konsumsi antioksidan

Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, strawbery, pepaya, wortel, atau labu. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

  • Hindari alkohol dan merokok

Dengan merokok atau mengkonsumsi alkohol, kolesterol akan mudah menumpuk dalam aliran darah.

  • Olahraga

Berolahraga secara teratur sesuai dengan umur dan kemampuan. Jaga agar berat tubuh Anda tetap ideal.

Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi (Mengobati Kolesterol) lihat di Obat Alami untuk Kolesterol.

Sumber:

  1. Tabel Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi dan Rendah
  2. http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/83-tips-mengontrol-kolestrol.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: