Siapa bilang memiliki Baby butuh biaya extra?

Yeaahh….pasti pada penasaran dengan judulnya, setelah memikirkan judul apa yang enak dan pas itulah hasil judulnya. Judul itu menarik untuk saya review karena berdasarkan pengalaman setiap bertemu ngobrol dan mendengarkan obrolan orang lain tidak jarang mereka mengeluhkan mahalnya biaya keperluan baby. Ya biaya kebutuhan baby memang tidak murah tapi sebagai ibu rumah tangga kita harus pandai dan pintar menyiasati bagaimana meminimalisir biaya kebutuhan bayi, tentunya dengan tetap mempertimbangkan kualitas dan kesehatan baby kita.

Berdasarkan pengalaman saya ternyata memiliki baby tidak memerlukan biaya extra….lho pasti pada bertanya – tanya kok bisa, ya sampai AL saat ini berumur 14 bulan saya tidak pernah mengeluarkan budget khusus untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari AL….Alhamdulillah. Sampai saat ini saia baru bisa menyiasati penghematan di kebutuhan AL sehari – hari seperti popok dan ASI. Memang biasanya untuk urusan dua inilah yang memerlukan budget tinggi selain biaya kesehatan dan pendidikan tentunya yang makin hari semakin mencekik.

Bagaimana saya bisa menghemat biaya ini,……begini cara saya;

1. Popok

Saya menggunakan cloth diaper (popok kain) yang bisa dicuci dan pakai ulang. Pada awalnya biaya untuk popok memang memerlukan budget besar karena harga clodi memang lumayan mahal namun karena dapat dicuci maka popok ini bisa dipakai ulang dan bisa diturunkan ke adik -adik AL kelak itulah pertimbangan awal saya memakaikan clodi pada AL sejak AL lahir sampai sekarang. Apalagi kalo sekarang dengan harga clodi lokal yang semakin murah akan tambah menghemat pengeluaran……

2. Susu

Saya seorang ibu pekerja dan sejak awal saya komit untuk memberi ASI Full pada AL, dan alhamdulillah suami dan keluarga terutama Ibuku sangat support dengan memberikan berbagai macam hal agar ASIku lancar mudah – mudahan bisa sampai AL 2 tahun, termasuk lingkungan tempat saya kerja, baru setalah AL berusia 1 tahun karena konsumsi ASI nya sudah makin bertambah dan tentunya volume ASI yang saya hasilkan juga sudah mulai berkurang baru saya kasih susu tambahan untuk AL dengan Susu UHT saat saia kerja, dan kalopun saya dirumah ASI saya masih mencukupi untuk AL…….

Hanya dari 2 kebutuhan dasar tersebut saya bisa berhemat lumayan banyak…..lho beneran:)) , selain itu Alhamdulillah lagi anak saya selalu diberi kesehatan mungkin karena efek ASI juga kali :)) , silakan dicoba………

Untuk kebutuhan baju sejak AL bayi saya selalu membelikan baju dengan ukuran yang lebih besar dari ukurannya dengan alasan agar bisa dipakai lebih lama mengingat pertumbuhan bayi yang sangat cepat, serta selalu membeli barang diskon dan minimal 3 pcs sehingga dapat harga grosir……

MURAH kan memiliki baby :)) ….

 

6 Responses so far »

  1. 1

    shofa said,

    hi mbak, salam kenal.
    q saat ini sedang menunggu kelahiran anak pertama nih mbak, nah sama kyk mbak-q jg pngin pake clodi bwt sang baby. sayangnya org2 disekitarku msh blm ada yg bs diajak berbagi pengalaman tentang clodi ini mbak…
    kira2 tmpt yg enak unt belanja clodi dan alat2 bayi lainnya dmn ya mbak?
    q tinggal di daerah gresik.

    • 2

      summysmile said,

      Hi juga mbk sofa …. aku suka beli online coba googling aja sekarang banyak banget merk2 clodi lokal yg bagus ada GG, enphi dll kalo aku suka charlie banana tp impor agak mahal tapi awet, kalo lokal aku suka GG tapi masing2 org beda2 coba aja satu merk satu buat nenntuin mbk cocok yg mana mari berhemat dg clodi 😊

    • 3

      summysmile said,

      Hi mbk salam kenal juga, kalo clodi yg jualan sepertinya sampai saat ini online saja tapi merk lokal yg bagus2 n murah jg sdh banyak

    • 4

      summysmile said,

      Hi mbk salam kenal juga maaf baru jawab, kalo blj clodi setahuku masih ols semua mbk, coba googling banyak kok yg jual trus sekrg merk lokal jg bagus2 untuk yg cocok merk apa itu relatif mbk mending beli satu dulu buat coba mana buat mbk yg paling nyaman, kalo aku suka GG, n charlie banana, coba cari ref. d urbanmama banyak kok mbk semoga membantu

  2. 5

    Saya telah berkali-kali surfing, tetapi baru kali ini saya membaca coretan sebaik ini.
    tulisan ini amat berguna untuk saya. Menurut
    saya, sekiranya para pemilik web membuat tulisan-tulisan sebaik ini, maka internet akan lebih bermanfaat
    dibanding sebelumnya.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

