BPJS

“Don’t judge a books by its cover” yah…mau gimana lagi bukankah negeri Indonesia tercinta ini dari jaman nenek moyangku yang namanya pelayanan Pemerintah, jangankan gratis berbayar saja biasanya sangat – sangat buruk, based my true story yang seringkali menerima pelayanan buruk, ternyata sama sekali tidak seburuk bayangan awalku.
Sebelumnya kedua orang tuaku (Bapak/Ibu) aku daftarkan BPJS kebetulan aku ambilin untuk yang kelas 1 dengan premi assuransi senilai Rp. 59.500,- . Awalnya hanya untuk berjaga – jaga saja karena anak – anaknya Bapak Ibu yang bisa membantu secara finansial semuanya diluar kota, berhubung kedua orangtuaku adalah pensiunan ladang / tani maka tidak mungkinkah mengharapkan uang pensiun di hari tua😀 . Akhirnya aku & sodara2 ku sepakat untuk mendaftarkan orangtua kami program BPJS Kesehatan.
Sama sekali tidak ada harapan , maupun bayangan orangtua bakal sakit…. namun yang namanya sakit siapa juga yang mau pastinya gak ada yang mau.
Sebelum lebaran 1435H / 2014 Bapak pernah kecetit, karena Bapak memang bukan tipe kakek – kakek yang pagi – pagi duduk minum teh plus baca koran, meski sudah berumur Bapak sangat senang dengan profesi lamanya / aktifitas di ladang. Nah…ketika asyik dengan ritual ladangnya (mencangkul) tiba2 Bapak kecetit, & karena sangat sering kecetit akhirnya diremehin “besok juga sudah sembuh” kata sakti Bapak, ternyata setelah hampir 3 bulan bukannya malah baikkan malah bertambah parah.
Alhasil akhir lebaran karena bayanganku hanya kecetit/salah urat, aku bawa Bapak ke Gresik, untuk dipijat di pijat urat langganan suami. Dalam perjalanan Malang – Gresik….(aku sampai gak tega) Bapak sangat tersiksa karena tidak bisa duduk nyaman & katanya sakitnya luar biasa. Seminggu di Gresik sudah aku bawa ke RS, dr, sampai ahli syaraf tidak ada hasil, Bapak pun minta pulang untuk dirawat di Malang saja.
Dipakailah kartu BPJS yang sudah didaftarin & Alhamdulillah hari Senin masuk RST Soepraon Malang hari Rabu sudah dilakukan operasi prostat secara laser karena hasil pemeriksaan gara – gara salah urat sebelumnya saluran kemih terganggu sehingga prostat membengkak, di hari Senin minggu berikutnya Bapak diperbolehkan pulang, sebelumnya kami sudah menyediakan uang siapa tahu ada biaya tambahan, ternyata sama sekali tidak ada bayat / biaya tambahan satu rupiah pun.
Alhamdulillah ……
Semoga Bapak & Ibu selalu sehat…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: